Siapa Lebih Canggih? " Honda PCX Vs Yamaha N-Max "

3:40 PM
Persaingan Honda dan Yamaha di Indonesia terus bergulir. Kini giliran Yamaha yang menantang matik bongsor milik Honda yakni PCX, dengan mendatangkan Yamaha NMAX. Kira-kira apa saja kekurangan dan kelebihan keduanya ya?

Memang sebelumnya Yamaha menyatakan NMAX bukanlah pesaing PCX. Karena Yamaha NMAX menurut Yamaha masuk pada segmen baru yang mereka sebut The Ultimatic Sports Matic (Sports Matic Tertinggi).

Namun kalau melihat dari mesin yang diselipkan, jelas sekali NMAX datang untuk menghalangi laju Honda PCX. Nah penasaran apa saja kelebihan dan kekurangan keduanya?

 1. Honda PCX
Honda PCX 150
Dimensi
Panjang X Lebar X Tinggi 1.917 X 738 X 1.094 mm
Jarak Sumbu Roda 1.315 mm
Jarak terendah ke tanah 140 mm
Berat kosong 129 kg
Kapasitas tangki bahan bakar 5,9 liter
Rangka
rangka Tulang punggung
Tipe suspensi depan Teleskopik
Tipe suspensi belakang Lengan ayun dan peredam kejut ganda
Ukuran Ban Depan 90/90 – 14 M/C 46P (Tanpa ban dalam)
Ukuran Ban Belakang 100/90 – 14 M/C 57P (Tanpa ban dalam)
Rem Depan Cakram hidrolik, dengan tiga piston
Rem Belakang Tromol
Mesin
Mesin 4 langkah, SOHC
Kelas 150
Volume Langkah 152,9 cc
Diameter X Langkah 58,0 x 57,9 mm
Perbandingan Kompresi 10,6 : 1
Daya Maksimum 9,67 kW (13,1 PS) / 8.500 rpm
Torsi Maksimum 13,1 N.m (1,34 kgf.m) / 5.500 rpm
Kapasitas Minyak Pelumas Mesin 0,8 liter pada pengantian periodic
Tipe Kopling Otomatis, sentrifugal, tipe kering
Tipe Transmsi Otomatis, V-Matic
Pola Pengoperan Gigi
Tipe Starter Elektrik dengan sistem ACG Starter
Kelistrikan
Tipe Battery 12 V – 5 Ah (tipe MF)
Busi NGK CPR7EA-9
PengapianFull Transistor, Baterai


 2. Yamaha N-Max


Spesifikasi Yamaha NMAX
Mesin
Tipe Mesin : Liquid cooled 4 Stroke, SOHC
Jumlah/Posisi SIlinder : Single Silinder
Diameter X langkah : 58,00 mm X 58,7 mm
Perbandingan kompresi : 10,5:1
Daya Maksimum : 11,1 kw/8000 rpm
Torsi Maksimum : 14,4 Nm/6000 rpm
Sistem Starter : Elektrik Starter
Sistem Pelumasan : Basah
Kapasitas Oli Mesin : 1,00 L : Berkala=0,90 L
Sistem Bahan Bakar : Fuel Injection
Tipe Kopling : Kering, Centrifugal automatic
Tipe Transmisi L: V-Belt Automatic
Kelistrikan
Sistem pengapian : TCI
Baterai : YT27V
Tipe Busi : NGK/CPR8EA-9
Dimensi
P X L X T : 1.955 mm X 740 mm X 1.115 mm
Jarak sumbu roda : 1.2350 mm
Jarak terendah ke tanah : 135 mm
Tinggi tempat duduk : 765 mm
Berat Isi : 127 kg
Kapasitas tangki bensin : 6,61
Rangka
Tipe rangka : Underbone
Suspensi depan : Teleskopik
Suspensi belakang : Unti Swing
Ukuran Ban depan : 110/70 – 13M/C 48P
Ukuran Ban belakang : 130/70 – 13M/C 63P
Rem Depan : Single disc brake (ABS)
Rem belakang : Single disc brake (ABS)


Harga :
PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) resmi memperkenalkan motor sport matik bongsor NMAX. Motor berkapasitas 155 cc ini dijual dengan harga Rp 27,4 juta di wilayah JABODETABEK.

Sedangkan PT Astra Honda Motor (AHM) membanderol Honda PCX mencapai Rp 39,8 juta di JABODETABEK berdasarkan web resmi AHM.


Mungkin itu dulu hasil preview kedua matic bongsor dari yamaha dan honda. Gimana anda tertarik menunggangi matic bongsor tersebut?

Artikel Terkait

Previous
Next Post »